Sembilan Alasan Resign dari Tempat Kerja

0
6
Alasan Resign dari Perusahaan
Sumber : Istimewa

Pada satu waktu mungkin kita merasa sudah cukup dan memilih untuk resign dari pekerjaan kita saat ini. Namun ternyata resign dari tempat kerja bukan hal yang mudah lho. Kita harus menemukan alasan yang tepat dan logis untuk di ungkapkan sebelum kita resign.

Pada masa Pandemi seperti sekarang ini, bisa jadi mencari pekerjaan yang layak adalah sesuatu yang sulit untuk di dapatkan. Dan tidak sedikit pula yang justru harus kehilangan karena kebijakan Manajemen untuk menekan beban gaji perusahaan.

Namun tidak sedikit juga lho yang mungkin berfikiran bahwa sudah saatnya mereka Resign dari tempatnya bekerja saat ini. Dan mungkin kamu salah satu dianataranya.

Namun, agar reputasimu tetap terjaga, kamu harus mempertimbangka alasan terbaikmu untuk disampaikan saat mengajukan permohonan resign nanti.

Alasan Untuk Resign dari Pekerjaan

Dibawah ini baranews telah menyusun 9 alasan resign yang bisa kamu pilih saat mengajukan resign.

Kumpulan Informasi Loker dan Tips-tips mencari Kerja, klik disini

Membutuhkan Tantangan Baru

Mendapat pekerjaan yang nyaman dan stabil pasti menjadi idaman banyak orang. Namun, bagi orang-orang yang menyukai tantangan mungkin akan merasa bosan dan ingin mendapatkan tantangan baru dalam bekerja.

Alasan ini juga lazim digunakan untuk mengajukan resign, meski demikian kamu harus memberikan penjelasan yang meyakinkan kepada perusahaan.

Perlu menjadi catatan alasan ini akan menjadi tidak logis jika kinerjamu justru kurang baik, missal target-target kinerjamu yang diminta perusahaan tidak pernah tercapai selama ini.

Ingin Lebih Dekat dengan Keluarga

Bagi sebagian orang, ada hal-hal yang tidak bisa dinilai dengan Uang. Salah satunya adalah keluarga. Jelasnya begini, meskipun diperantauan upah yang didapat lebih menjanjikan, namun tidak sedikit yang memilih untuk kembali ke daerah asal meski upah yang disapatkan lebih sedikit asal bisa dekat dengan keluarga.

Alasan ini juga bisa kamu pilih jika ingin mengajukan resign dari tempat kerjamu.

Meski demikian kami sarankan untuk melakukan perhitungan ekonomi dengan cermat, agar ekonomimu nantinya tetap stabil.

Merasa Jenuh dengan Rutinitas Pekerjaan

Jenuh dengan pekerjaan juga menjadi alasan seseorang mengajukan resign dari pekerjaanya. jika hal ini yang kamu alami, dan kamu tidak bisa menemukan motovasi kembali untuk melakukan pekerjaan tersebut, kami sarankan untuk segera resign dari pekerjaanmu. Karena hal tersebut bisa berdampak buruk pada capaian target perusahaan tempat kamu bekerja.

Merasa tidak memberikan dampak positif

Merasa tidak puas dengan capaian kinerja yang kamu capai juga bisa kamu gunakan sebagai alasan untuk mengundurkan diri dari perusahaan. Hal ini juga bisa terjadi karena latar belakang pendidikanmu maupaun skill yang kamu milikitidak sesuai dengan pekerjaanmu saat ini.

Gaji/Kesejahteraan yang didapat tidak sesuai dengan beban kerja

Masalah gaji memang menjadi persoalan yang sensitif. Hal ini bisa berdampak pada motivasi kerja dan kinerja seorang karyawan.

Tidak sedikit karyawan yang merasa dibayar jauh dari yang semestinya jika dibandingkan dengan beban kerja yang diberikan. Tidak jarang hal ini menjadi alasan bagi mereka untuk resign dan mencari pekerjaan yang baru.

Menyepakati target kinerja yang harus dicapai dan salary yang didapat sejak awal  harus dilakukan antara perusahaan dan pekerja. Agar masing-masing mengerti hak dan kewajibannya.

Merasa Tidak Berkembang

Adanya jenjang karir dapat meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Jika seorang karyawan yang telah bekerja selama bertahun-tahun namun tida ada perkembangan baik posisi/jabatan maupun gaji tentu akan merasa jenuh. Dan jika kamu salah satunya, memang sebaiknya kamu resign  dan mencoba mencari pekerjaan baru

Menerima Tawaran Pekerjaan Lain.

Menerima tawaran pekerjaan lain bisa menjadi alasan anda untuk mengajukan resign. Apalagi tawaran tersebut cukup menjanjikan dari sisi kesejahteraan dan peningkatan karirmu.

dilansir dari Finansialku, Kamu harus terbuka dengan perusahaan, dan kamu harus menjaga hubungan baik dengan perusahaanmu. Hal ini agar reputasimu tetap terjaga baik diperusahaanmu saat ini, maupun tempat kerja barumu.

Ingin mencoba berwirausaha

Bagi kamu yang merasa sudah cukup untuk bekerjaa, ingin fokus berwirausaha bisa menjadi alasan untuk mengundurkan diri dari pekerjaanmu saat ini.

Melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Jenjang pendidikan kerap digunakan sebagai dasar untuk memberikan gaji kepada karyawan. Dengan memiliki jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentu akan menunjang perkembangankarirmu.

Alasan ini dirasa cukup kuat untuk mengajukan resign dari pekerjaanmu. Dan bukan tidak mungkin perusahaan justru akan memberikan dukungan, karena meningatnya kapastias karyawan tentu akan berdampak positif terhadap perusahaan.

Kinerja yang menurun

Jika kamu merasa kemampuanmu dalam melaksanakan pekerjaan sudah menurun, baik karena faktor usia maupun Karena faktor lain dapat dijadikan alasan untuk mengundurkan diri. jika hal ini terjadi sebaiknya kamu berkomunikasi dengan perusahaan untuk menemukan kesepakatan bersama.

Itulah Sembilan alasan yang bisa kamu gunakan untuk mengajukan resign dari pekerjaanmu.

Langkah-langkah Mengajukan Resign

Nah setelah menemukan alasan yang tepat untuk mengundurkan diri. hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan. Kamu harus menyampaiakan dengan terus terang dan sejelas-jelasnya alasanmu resign terutama kepada atasanmu langsung di perusahaan.

Selanjutnya kamu perlu membuat surat pengunduran diri. susunlah surat pengunduran dirimu dengan baik dengan kata-kata yang baik, singkat, padat, namun jelas. Untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan kami sarankan untuk tidak mengungkapkan hal-hal yang tidak perlu, seperti uneg-uneg dan rasa kecewa yang mungkin kamu rasakan. Kami akan mencoba menyajikan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Kemudian serahkan surat pengunduran diri tersebut pada waktu yang tepat.

Sebelum mengundurkan diri anda harus memastikan pekerjaan anda sudah diselesaikan dengan baik. Anda juga perlu melakukan serah terima pekerjaan kepada penanggungjawab baru pekerjaan anda. Dan jangan lupa untuk menyampaikan rasa terimakasih kepada perusahaan dan berpamitan dengan rekan-rekan kerja yang selama ini telah membantu anda.

Perlu Di Perhatikan

Meskipun resign menjadi hak setiap karyawan, namun anda harus bersikap bijak agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Kamu perlu mempertimbangkan dengan matang dan mencari alasan yang tepat sebelum resign agar tidak menyesal dikemudian hari. Menjaga hubungan baik dengan perusahaan agar reputasimu juga tetap terjaga. Kamu wajib menjaga reputasi baik agar karirmu juga bisa berkembang baik ditempat kerjamu yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here