Rayakan Kemerdekaan, Imbara Unnes Lakukan Penanaman Pohon

0
14
Penanaman Pohon Imbara Unnes

Banjarnegara– Dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Ikatan Mahasiswa Banjarnegara Universitas Negeri Semarang (Imbara Unnes) melaksanakan penanaman pohon di Gunung Lawe, Kec. Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Selasa (17/08).

Bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo (BPDASHL SOP) Kab. Banjarnegara, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah nyata konservasi alam dan pengabdian masyarakat.

“Penanaman pohon ini merupakan program kerja dari Imbara Unnes dengan tujuan penghijauan lingkungan, meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan. ” Ujar ketua Imbara Unnes, Ilham Agung Saputra.

Diikuti oleh puluhan Mahasiswa, kegiatan diawali dengan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Balai Desa Kendaga, Kec. Banjarmangu dilanjutkan dengan penanaman pohon di wilayah Gunung Lawe.

Baca Juga : Kumpulan Berita Banjarnegara

Setidaknya ada 100 bibit dari berbagai jenis pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut. “Ada 100 bibit pohon diambil dari Persemaian Polibara. Bibit pohon Aren, Ketapang Kencana, Angka, Mangga, Sengon, Makadama, dan Pucuk Merah.” Ungkap ketua panitia, Fahri Alvi Mubarok.

Kegiatan ini pun mendapat sambutan baik dari masyarakat setempat. Masyarakat berharap kegiatan penanaman pohon ini terus dilakukan agar bisa mengurangi terjadinya bencana tanah longsor yang kerap terjadi di Banjarnegara.

“Adanya kegiatan tanam pohon ini diharapkan dapat menahan tanah longsor.” Ujar Pak Yatin Priono selaku perangkat Desa Kendaga. (vkh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here