Pesona Air Terjun Genting, Giritirta, Banjarnegara

0
30
Air Terjun Genting Giritirta
sumber Istimewa

Air terjun Genting adalah salah satu obyek wisata di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran. Tepatnya di Dusun Mliken, Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara.

Air terjun ini berjarak sekitar 3 km dari pusat Kecamatan Pejawaran atau kurang lebih 33 km ke utara (arah dieng) dari kota Banjarnegara.

Desa Giritirta tersebut berada di jalur menuju Dieng dari kota Banjarnegara apabila melewati Kecamatan Karangkobar dan Pejawaran.

Cara Menuju Kelokasi Air Terjun Genting, Giritirta, Bajarnegara

Air terjun genting dengan ketinggian kurang lenih 70 meter ini memiliki debit terjunan air yang cukup besar. Untuk menuju ke lokasi kita dapat melewati dua jalur.

Jalur yang pertama yaitu dari kota Banjarnegara, menuju kecamatan Madukara, Karangkobar dan Pejawaran. Jalur yang kedua dari kota Banjarnegara lewat Singamerta Kecamatan Sigaluh, Madukara, Pagetan dan Pejawaran.

Perjalanan dengan kecepatan 60 kilometer perjam kita dapat memakan waktu sekitar 1,5 jam untuk menuju ke lokasi. Apabila sudah sampai di Pasar Karangkobar ambil belokan ke kanan arah Pejawaran.

Setelah kurang lebih 7 km kita akan menemui gapura bersar bertuliskan Curug Genting dan Mrawu yang terletak disebelah kiri jalan di Desa Giritirta. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan setapak menyusuri saluran irigasi lahan pertanian sayur.

Untuk menuju ke Air Terjun kita harus jalan kaki dari Dusun terdekat, yaitu Dusun Mliken dengan melewati jalan setapak dan tanggul irigasi. Selain itu kita juga melintasi perkebunan jagung, wortel maupun kubis, yang merupakan mata pencaharian masyarakat setempat.

Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih 15 menit. Mungkin karena akses menuju lokasi yang belum memadai menjadikan air terjun genting ini jarang dikenal masyarakat.

Sesampainya di air terjun Genting Lelah yang kita rasakan akan terbayar dengan keindahan air terjun. Segarnya uap air yang timbul dari air terjun 70 meter lebih akan kita raskan. Air yang mengalir di air terjun ini berasal dari hutan di wilayah pegunungan utara.

selain itu lokasi Curug Genting berdekatan dengan sumber air panas. untuk mencapai sumber air panas, kita hanya butuh waktu sekitar sepuluh menit dengan jalan kaki.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan mengenai Curug atau Air Terjun Genting. Bagi Anda yang berkunjung ke Banjarnegara kurang lengkap rasanya kalau belum menikmati kulineran khas dari Banjarnegara. apa saja si makanan khas dari Banjarnegara? temukan jawabannya disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here