NR Foundation Penuhi Kebutuhan Al-Qur’an di Indonesia dengan Program Wakaf Al-Qur’an

0
40

Indonesia adalah negara dengan mayoritas masyarakat muslim, tetapi kebutuhan Al-Qur’an masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan di Tanah Air. Pendistribusian mushaf AlQur’an baru mencapai tujuh juta eksemplar, padahal kebutuhan sekitar 37 juta eksemplar menurut Asosiasi Penerbit al-Qur’an Indonesia (APQI). Kebutuhan ini akan semakin bertambah seiring dengan jumlah masyarakat muslim di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut NR Foundation Kebumen melalui Badan Semi Otonomnya, yaitu Rumah Qur’an Neo Insani mengambil peran dengan salah satu programnya yaitu Wakaf Al-Qur’an.

Program wakaf Alqur’an merupakan salah satu sarana memenuhi kebutuhan Al-Qur’an. Karena ketersediaan Alqur’an dirasa masih masih jauh dari estimasi jumlah masyarakat muslim di Indonesia.

Anif, Kepala Rumah Qur’an Neo Insani mengatakan Program ini merupakan bagian dari upaya membantu umat untuk memenuhi kebutuhan Al-Qur’an.

“Program ini merupakan upaya NR Foundation dalam membentuk generasi rabbani untuk mempelajari, mentadzaburi, mengahafal Al Qur’an dan mengajarkannya.” terangnya.

Lebih lanjut Anif mengatakan bahwa pada tahun 2020, melalui program wakaf ini NR Foundation telah mendistribusikan sekitar 2.386 mushaf Alqur’an. Terbagi di sekitar lebih dari 60 lembaga baik Taman Pendidikan Al-Quran, sekolah maupun pondok pesantren di Kebumen dan beberapa daerah lainnya seperti di Nusa Tenggara Timur.

Terakhir Bulan Januari tahun 2021 sekitar 661 mushaf terdistribusikan di 19 lembaga pendidikan. “Harapannya program ini akan membantu masyarakat untuk mengakses Al-Qur’an.” Pungkas Anif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here