Ingin Mengamati Gerhana Matahari? Berikut Tips-tipsnya

0
134
Sumber : Istimewa

Fenomena gerhana matahari cincin (GMC) bakal menghiasai delapan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu pada Minggu (21/6).

Delapan kabupaten dan kota tersebut Antara lain di Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, dan Kabupaten Kepahiang. Selanjutnya, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Seluma. ”GMC ini tidak teramati di dua kabupaten yakni Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur,” kata Litman seperti dilansir dari Antara pada Rabu (17/6).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menerangkan bahwa fenomena ini akan mulai teramati sekitar pukul 14.29 WIB dan berakhir pada pukul 15.21 WIB.

BACA JUGA : Fenomena Gerhana Matahari Cincin Bakal Hiasi 8 Kota di Indonesia.

Dilansir dari katadata.co.id GMC merupakan Fenomena antariksa yang terjadi ketika matahari tertutup bulan dan tersisa bagian tepinya yang tak tertutup. Dan bagian yang tidak tertutup akan terlihat seperti cincin.

Rhorom Priyatikanto, Peneliti Lapan mengatakan posisi bumi, bulan, dan matahari hampir segaris ketika gerhana terjadi. Bulan sedikit jauh dari bumi sehingga tampak lebih kecil dan tak bisa menutupi seluruh piringan matahari.

Dikutip dari katadata.co.id dari CNN Untuk melihat gerhana matahari, perlu memakai filter khusus yang dapat menapis 99,99% cahaya matahari yang membahayakan mata. Peralatan yang aman adalah kamera pinhole atau kamera lubang jarum, kacamata anti-sinar matahari, binokular atau teleskop serta kamera DSLR berfilter.

Gerhana matahari masih terlalu terang dan berbahaya untuk dilihat secara langsung. Berikut tips keselamatan melihat gerhana matahari menurut American Astronomical Society:

  1. Selalu periksa filter matahari sebelum dipakai. Jika tergores, tertusuk, sobek, atau rusak, segera buang dan ganti dengan yang baru.
  2. Selalu awasi anak-anak yang memakai filter matahari.
  3. Jika Anda memakai kacamata minus atau plus, letakkan kacamata khusus gerhana di atasnya.
  4. Jangan melihat gerhana matahari yang sebagian terhalang melalui kamera, teleskop, teropong, atau perangkat optik lainnya yang tidak berfilter.
  5. Filter surya harus dipasang pada bagian depan teleskop, teropong, lensa kamera atau peralatan optik lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here