Ibukota Pindah, Beginilah Konsep Tata kotanya

0
168

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo , berencana akan memindahkan Ibukota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan. Pemindahan  ibukota ini bukan sekedar wacana setelah mantan Gubernur Jakarta ini menyampaikan permohonan izin pada sidiang tahunan MPR, pada Jumat (16/08).

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi detail lokasi mana yang dipilih menjadi Ibukota baru Republik Indonesia. Meski demikian  beredarnya desain tata kota ibukota Republik Indonesia semakin menguatkan wacana pemindahan ibukota ini.

Dilansir dari hipwee.com Ibukota baru ini nantinya akan jadi identitas bangsa. Konsep rancangan kota diambil dari perisai Pancasila. Dokumen berlogo resmi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  Yang berisi desain ibukota Negara yang baru dengan judul ‘Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)” beredar luas. Dalam dokumen tersebut memaparkan gagasan desain ibukota yang disesuaikan dengan identitas bangsa yakni pancasila. . Unsur perisai di Pancasila dengan 5 sila jadi pusat kota yang membagi kota menjadi 5 lajur/simpang. Pusatnya terdapat Monumen Pancasila, mirip dengan Monumen Nasional namun dengan dasar bintang segilima

Monumen Pancasila akan menjadi central, lalu di bagian bawah (selatan) akan dibangun Istana Presiden dalamsatu garis lurus. Lalu di sebelah kiri ada Perumahan Menteri yang bersanding dengan TNI dan Polri.

Selain itu Konsep kota yang dibangun adalah kota modern yang compact dan inklusif. Tata ruang sangat berorientasi dengan lingkungan (ruang terbuka hijau) dan sosial masyarakat dan  terintegrasinya pembangunan dengan transportasi publik. Kota ini akan didominasi ruang terbuka hijau sekaligus beberapa danau sebagai penyeimbang ekosistem di kawasan tersebut.

koneksi teknologi informasi juga menjadi perhatian. arsitektur dari kota ini juga di desain sesuai dengan kearifan lokal namun modern dengan dibangun dari material ramah lingkungan.

via hipwee.com

via hipwee.com
Monumen Pancasila via hipwee.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here