Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Munculnya karang gigi biasanya diakibatkan oleh menumpuknya sisa-sisa makanan yang akhirnya menempel di sela-sela gigi. Karang gigi yang menempel tersebut, tentu akan berbahaya bagi kesehatan gigi anda. Namun anda tak perlu khawatir, karena berikut ini terdapat beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
1. Menggunakan Minyak Kelapa
Kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat pada minyak kelapa dipercaya dapat membantu mengurangi dan membersihkan karang gigi. Apalagi kandungan asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba dapat menurunkan gejala gingivitis (radang gusi) dan mengurangi karang gigi.

Untuk membersihkan karang gigi menggunakan minyak kelapa, yang perlu anda lakukan pertama adalah menghangatkan satu sendok makan minyak kelapa. Kedua, masukan ke mulut dan kumur-kumur sekitar 5-10 menit. Terakhir, buang atau ludahkan minyak kelapa yang telah dikumur-kumur dalam mulut tersebut.

2. Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya juga mengandung sifat antimikrobadan antioksidan, sehingga selain dapat menghilangkan bau mulut, lidah buaya juga dapat menghilangkan karang gigi. Untuk cara penggunaanya sendiri anda bisa menggunakan lidah buaya dengan mencampur dengan bahan lain seperti gliserin, baking soda, dan minyak esensial lemon.

Campuran tersebut dapat dijadikan pasta gigi untuk membersihkan karang gigi. Untuk cara yang pertama, anda mencampurkan setengah baking soda dengan secangkir air. Kedua, tambahkan satu sendok gel lidah buaya dan tambahkan 4 sendok makan gliserin dan minyak esensial lemon. Terakhir, anda gosokan campuran tersebut ke gigi.

3. Menggunakan Kulit Jeruk
Kandungan antibakteri dan Vitamin C dipercaya dapat membantu membersihkan karang gigi. Untuk caranya sendiri tentu tidak terlalu rumit. Pertama, anda cukup siapkan kulit jeruk secukupnya. Kedua, gunting atau pisahkan kulit jeruk beberapa bagian. Ketiga, gosokan pada gigi yang terdapat karangnya.

4. Menggunakan Daun Jambu Biji
Kandungan anti-inflamasi pada daun jambu biji yang mampu meredakan peradangan gusi (gingvitis), juga dapat membantu menghilangkan dan membersihkan karang gigi. Caranya pun cukup sederhana, pertama anda hanya cukup menyediakan daun jambu buji 3-6 lembar. Kedua, kunyah daun jambu biji sampai seluruh bagian pada gigi terkena ekstraknya. Ketiga, setelah dikunya secara rata lalu buang dan bersihkan gigidengan air putih.

5. Menggunakan Bubuk Cengkeh
Selain memiliki aroma yang khas dan sering digunakan untuk rempah-rempah, cengkeh juga dapat menghilangkan karang gigi yang menempel. Anda pun bisa menambahkan bahan lain yakni seperti minyak zaitun.

Untuk caranya sendiri, pertama ambil satu sendok bubuk cengkeh dan campurkan minyak zaitun dalam suatu wadah. Kedua, aduk keduanya hingga teksturenya terlihat seperti pasta gigi. Ketiga, oleskan pada gigi dan tunggu sekitar 5-10 menit. Keempat, kumur-kumur menggunakan air hangat hingga bersih.

6. Menggunakan Buah Jambu Biji
Kandungan anti-inflamasi dan analgesik yang terdapat pada buah jambu biji dipercaya dapat mengurangi nyeri pada gusi dan bengkak. Menurut riset yang dilakukan International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences (2014), bahwa buah jambu biji memiliki sifat antibakteri dan biofilm-inhibition yang dapat menghilangkan plak atau karang pada gigi.

Untuk cara menghilangkan karang gigi secara alami sendiri cukup sederhana. Pertama, siapkan buah jambu biji mentah dan taburigaram di atasnya. Kedua, kunyah secara perlahan dan pastikan semua bagian gigi merasakan ekstrak buah jambu biji tersebut. Ketiga, jika telah merata buang dan bersihkan mulut dengan air putih.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda simak dan anda coba. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.