Cara Mengatasi Kode kesalahan Microsoft Office 0xc004f074

0
58
Ilustrasi, Sumber : interogator.com

Microsoft office menjadi aplikasi pengolah yang paling popular di Indonesia. Semua kalanngan sudah sangat akrab dengan aplikasi buatan Microsoft ini. Namun ketika terjadi kesalahan atau muncul kode kesalahan, tidak semuanya mengerti bagaimana mengatasinya. Salah satu kode kesalahan yang bisa terjadi adalah Kode kesalahan Microsoft Office 0xc004f074.

Melansir dari babasupport.org berikut kami sajikan cara mengatasi Kode kesalahan Microsoft Office 0xc004f074.

Penyebab Munculnya Kode Kesalahan Microsoft Office 0xc004f074.

Kode kesalahan Microsoft Office 0xc004f074 dapat terjadi karena beberapa alasan. Ini adalah kesalahan aktivasi yang biasanya terjadi saat Server Manajemen Kunci (KMS) klien tidak tersedia untuk mengaktifkan penginstalan MS Office.

Selain itu hal ini juga bisa terjadi ketika pengaturan waktu dan tanggal dalam sistem tidak sinkron. Jika dua versi berbeda dari versi Office mengatakan 2010 dan 2013 adalah co-host di server yang sama, maka masalah ini juga bisa muncul.

Kemudian, bagaimana cara mengatasinya ? Tidak perlu khawatir selanjutnya kita akan membahas beberapa solusi untuk memperbaiki masalah ini yang bisa kita lakukan dengan mudah

Perbaikan untuk Mengatasi Kode Kesalahan Microsoft Office 0xc004f074 dengan Cepat

Artikel ini akan memberikan beberapa solusi kepada pembaca sekalian untuk mengatasi Kode Kesalahan tersebut. Kami akan tuntun pembaca sekalian selangkah demi selangkah agar bisa dipahami dengan mudah

Baca Juga : 10 Template Book Cover Inspiratif Gratis

Nonaktifkan lalu Aktifkan Host DNS

Pertama, Anda dapat mengalami kesalahan ini jika penerbitan host DNS tidak memperbarui ke versi terbarunya. Jika kesalahan ini disebabkan oleh hal tersebut, anda dapat mengatasinya dengan menonaktifkan dan kemudian mengaktifkan kembali DNS host publishing. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Pertama, Buka Kotak dialog “Run” dengan cara tekan tombol Windows + R dari keyboard Anda. Setelah muncul kotak dialog ‘Run’ ketik perintah ‘regedit’ dan klik ‘Enter’. Selanjutnya akan muncul jendela ‘Registry Editor’.

Pada jendela ini Anda Perlu Mencari  ‘HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows NT \ CurrentVersion \ SoftwareProtectionPlatform’. Kemudian di sisi kanan jendela klik kanan pada area kosong. Dari popup option pilih ‘Baru’. Selanjutnya dari daftar sub-opsi pilih sub-opsi ‘Nilai DWORD (32-bit).

Pada  opsi DWORD yang baru dibuat, buka kotak dialog ‘Edit Nilai DWORD (32-bit)’ dengan melakukan double klik. Ubah ‘Value name’ menjadi ‘DisableDnsPublishing’ dan setel ‘Value data’ ke 1. Dan terakhir, klik tombol ‘OK’. Nah saat ini DNS host publishing telah dinonaktifkan

Untuk mengaktifkan DNS host publishing, Anda harus mengatur kembali ‘Value data’ dari entri DWORD di atas dari 1 ke 0.

Kode Kesalahan Microsoft Office 0xc004f074

Instal Paket Lisensi Microsoft Office Saat Ini

Kode kesalahan Microsoft Office 0xc004f074juga bisa muncul apabila ada dua versi Office yang dihosting di server yang sama, misalnya Microsoft Office 2013 dan 2016 yang berjalan di Sistem Operasi Windows Server.

Jika hal ini terjadi Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengunduh paket lisensi saat ini untuk aplikasi Office. Dan kemudian instal di server Anda.

Paket lisensi terbaru ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi situs web resmi Microsoft. Cari paket yang Anda inginkan kemudiian Download dan instal.

Periksa Waktu dan Tanggal Sistem Anda

Jika tanggal dan waktu di pada Perangkat Komputer Anda tidak disinkronkan dengan yang ada di server tempat aktivasi lisensi aplikasi Office juga dapat memunculkan kode kesalahan ini.

Jika hal ini terjadi Anda perlu menyesuaikan tanggal dan waktu dengan benar di sistem Anda. Proses untuk mengatur tanggal dan waktu dengan benar adalah sebagai berikut:

Pertama, pada taskbar, arahkan ke bagian ‘Waktu dan Tanggal’. Pada Bagian kanan bawah monitor Anda.

Sekarang, klik kanan padanya dan kemudian pilih ‘Adjust date/time . kemudia Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan Tanggal dan Waktu. Kemudian aktifkan ‘Set The time automatically dengan menggeser tombolnya ke kanan. Pengaturan ini khusus untuk OS Windows 10 saja.

Untuk versi Windows lainnya, Anda harus mengklik kanan pada bagian waktu dan tanggal. Kemudian, klik opsi ‘Adjust date/time  untuk menyesuaikan waktu dan tanggal. Kemudian akan menampilkan kotak dialog pengaturan Tanggal dan Waktu.

Cari dan klik tab ‘Waktu Internet’. Tekan tombol Change settings… . Anda akan diarahkan pada jendela pengaturan ‘Internet Time Settings’.

Beri tanda centang pada opsi ‘Synchronize with an Internet time server. Setelah tap pada daftar drop-down dan pilih opsi “time.windows.com” lalu klik tombol “Update Now” dan Klik OK

Nah demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Kode Kesalahan Microsoft Office 0xc004f074. Semoga artikel singkat ini dapat membantu menangani masalah Anda. Jika terjadi masalah yang lebih kritis kami sarankan Anda menghubungi tempat service komputer kepercayaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here