Mengatasi Error pada Scanner Canon, Error Code 4630

1
341
ILUSTRASI, Sumber Istimewa

Pernahkah Anda menemukan Error Code  4630 saat mencoba memindai menggunakan Scanner Canon DR – F120?  Pesan berbunyi “The device could not be locked. Check that another application isn’t using the device(-4630)”. sehingga kita harus Mengatasi Error Scanner Canon tersebut.

Setelah itu, Anda tidak dapat menggunakan perangkat untuk melakukan Pemindaian/scan. Meskipun Anda sudah mencoba merestrat ulang sistem dan mencoba memindai ulang  pesan kesalahan tersebut kembali muncul.

Babasupport.org menulis Alasan di balik kesalahan pemindai Canon salah satunya adalah driver sistem yang kedaluwarsa, file sistem yang salah konfigurasi, kegagalan dalam pengaturan atau mungkin masalah dengan pemindai itu sendiri. berikut, beberapa solusi yang dapat anda coba untuk menyelesaikan masalah umum ini

Beberapa Solusi untuk Mengatasi Error Scanner Canon DR – F120 Error Code  4630

Apabila Anda terus menerima pesan Error Code 4630, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk Mengatasi Error Scanner Canon dengan Error Code  4630 adalah mematikan scanner canon Scanner Canon DR – F120 anda dan periksa apakah semua kabel telah terhubung dengan benar.

Kemudian cabut kabel USB dan semua kabel kemudian sambungkan kembali ke perangkat komuter anda. perhatikan apakah masalahnya tersebut dapat terselesaikan atau tidak. Jika tidak, anda coba ikuti beberapa langkah Solusi di bawah ini.

5 Solusi Mengatasi Error Scanner Canon DR – F120 Error Code  4630

Baca Juga : Hal-hal sepele yang menyebabkan Laptop Cepat Rusak

Solusi 1 Mengatasi Error Scanner Canon – Disable Windows Service

Jika ada kesalahan fungsi dalam pengaturan sistem, itu mungkin menunjukkan semua jenis kesalahan Scanner Canon. Berikut langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi pengaturan dengan benar.

Pertama Tekan Windows + R untuk memunculkan kotak dialog Run. Kemudian Ketik “services.msc” di kotak dialog tersebut dan tekan OK.

Setelah jendela Services terbuka. Cari “Windows Image Acquisition” dalam daftar. Klik kanan pada opsi tertentu dan pilih “Properties” dari menu. Ubah Jenis Startup ke mode “Disabled“. Restart sistem dan periksa apakah kesalahan 4630 kembali muncul saat memindai

Solusi 2- Uninstall and Reinstall the Driver

Jika terjadi kesalahan dengan driver Scanner Canon DR – F120 , Pesan Error 4630 mungkin juga akan muncul pada layar komputer Anda. Untuk menghindari terjadinya kesalahan  yang disebabkan karena driver yang kedaluwarsa atau rusak, Anda dapat memperbaikinya dengan beberapa langkah berikut :

Buka kotak dialog Run dengan menekan tombol CTRL + R. kemudian Ketik “devmgmt.msc” pada kotak dialog kemudian tekan OK. Langkah ini dilakukan untuk membuka daftar semua driver yang diinstal di sistem.

jika telah terinstal, Driver scanner harus terdaftar di bawah bagian “IEEE 1394 Bus Host Controllers”. Kemudian klik kanan pada opsi tertentu dan pilih “Properties”.

Klik pada tombol “Uninstall” kemudian klik OK, setelah itu Langkah yang harus dilakukan adalah menginstal ulang driver. Untuk itu, Anda harus kembali membuka jendela Device Manager.

Cari driver Scanner dan Anda dapat melihat tanda segitiga kuning di sebelahnya. Klik kanan dan pilih” Update Driver Software… “dari menu.

Saat jendela baru terbuka, pilih opsi pertama agar Windows menginstal driver secara otomatis. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses dan mencoba scan dokumen apa pun pada Scanner Canon DR – F120 Anda.

Solusi 3- Kembalikan Windows ke Versi Sebelumnya

Jika baru-baru ini Anda membuat perubahan/Update apa pun dalam sistem, sistem mungkin menunjukkan pesan kesalahan pada Scanner Canon DR – F120 Anda. Jika hal tersebut terjadi tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengembalikan perubahan terbaru pada setting yang Anda ubah. Lihat langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan Windows ke versi sebelumnya.

Klik pada tombol Start dan ketik “System Restore” di kotak pencarian. Saat hasilnya muncul, klik pada opsi masing-masing untuk membukanya dan Klik “Next”. Pada layar berikutnya, pilih the recent system restore point dan tekan “Next”. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses dan setelah semua proses selesai pastikan untuk merestart komputer Anda.

Setelah proses ini Error 4630 Scanner Canon DR – F120 akan berkurang, Namun Jika cara ini tidak berhasil, anda bisa mencoba untuk melakukan solusi berikutnya.

Solusi 4- Jalankan SFC Scan

Pemindaian SFC (System File Checker) atau Pemeriksa File Sistem dilakukan untuk mendeteksi file sistem yang rusak. Babbasupport telah menyebutkan bahwa keberadaan file sistem yang rusak dapat menyebabkan kesalahan seperti itu. Karenanya, perlu melakukan pemeriksaan File sistem agar file sistem yang rusak dapat dideteksi. berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan pemindaian SFC di sistem.

Klik pada tombol Start dan cari “Command Prompt”. Ketika hasilnya muncul, kemudian klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.

Ketuk “Yes” saat “Kontrol Akun Pengguna UAC (User Account Control)” diminta. Ketik “sfc / scannow” di jendela perintah dan tekan Enter.

Setelah proses itu sistem akan melakukan pemindaian. Proses ini akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan. Setelah proses pemindaian selesai lakukan restart pada sistem

Solusi 5- Periksa Layanan Windows Terkait

Tidak hanya “Windows Image Acquisition (WIA) (WIA)” tetapi, layanan terkait pemindai tertentu juga bertanggung jawab atas kesalahan tersebut. Dalam kasus seperti itu, jika layanan ini tidak berjalan atau tidak bekerja dengan benar, Scanner Canon DR – F120 Anda mungkin akan menampilkan pesan Error Code 4630.

Layanan ini adalah COM Server Process Launcher, Remote Procedure Call RPC, RPC Endpoint Mapper, Shell hardware detection atau pendeteksi perangkat keras Shell, dll. Anda dapat melihatnya di Service Windows untuk dapat mengetahui apakah layanan berjalan atau tidak.

selanjutnya buka kota dialog Run dan ketik “services.msc” seperti pada Solusi 1, lalu klik tombol “OK”. Di jendela baru, Anda akan melihat semua layanan yang berjalan Cari masing-masing dan periksa propertinya. Jika salah satu layanan itu dihentikan, klik tombol Start untuk menjalankan layanan. Pada bagian di atas, kami telah membahas semua kemungkinan tindakan yang perlu Anda terapkan untuk memperbaiki Kesalahan Scanner Canon DR – F120

Semoga beberapa solusi diatas dapat membantu anda mengatasai masalah pada Scanner Canon DR – F120 Anda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here