Cara Membuat Peyek Azolla Mudah dan Enak

0
12
Cara Membuat Peyek Azolla

Peyek sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, tapi pernahkan anda membuat peyek Azolla? begini Cara Membuat Peyek Azolla

Pasti kalian sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Peyek merupakan salah satu makanan yang hampir semua masyarakat Indonesia tahu dan pernah memakannya.

Bagai mana tidak, bahkan peyek dijadikan lirik salah satu lagu dangdut yang sangat popular di Indonesia, Iwak peyek, pwak peyek, iwak peyel sego jagung… kurang lebih begitulah liriknya

Diberbagai daerah makanan yang berbahan dasar tepung beras ini sangat digemari, terutama pada saat hari raya. Peyek sangat identik dengan hari raya idul Fitri, dan hampir pasti ada di setiap meja-meja tamu.

Peyek memiliki Berbagai macam isian, mulai dari kacang, kedelai hitam, sampai ebi.

Namun, apakah pembaca sekalian pernah memakan peyek Azolla? Emm varian apa lagi itu ya?

Selain macam-macam isian yang sudah disebutkan, ternyata peyek juga bisa di buat dari bahan lainnya yaitu  azolla, iya peyek Azolla.

Tanaman Azolla, Sumber : Istimewa

Dilansir dari Wikipedia Azolla merupakan satu-satunya genus dari paku air mengapung suku Azollaceae. Azolla biasanya di gunakan sebagai pupuk hijau dan juga sebagai pakan ikan. Namun siapa sangka Azolla bisa juga dibuat menjadi Peyek Azolla yang tak kalah enak dengan peyek dari bahan lain.

Berikut ini merupakan cara dan bahan-bahan untuk membuat peyek azolla

BAHAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT PEYEK AZOLLA

Bahan-bahan yang di butuhkan dalam pembuatan peyek azolla sebenarnya tidak jauh berbeda dari pembuatan peyek pada umumnya. Bahan-bahan yang di butuhkan antara lain :

1. Azolla
2. Tepung beras (1 kg)
3. Tepung kanji (1/4 kg)
4. Garam secukupnya
5. Bumbu penyedap secukupnya
6. Air secukupnya

CARA MEMBUAT PEYEK AZOLLA

Baca Juga : Cara Membuat Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Jika semua bahan sudah disiapkan. Hal pertama yang harus di lakukan cuci azolla sampai bersih. Setelah itu siapakan tepung beras dan tepung kanji kemudian tambahkan air secukupnya sampai adonan menjadi cair. Setelah adonan siap masukkan azolla ke dalam adonan. Tahap terakhir yaitu proses penggorengan. Goreng peyek dengan menempelkan adoan pada sisi wajan. Tunggu sampai mengeras. Setelah peyek matang angkat dan tiriskan peyek. Peyek siap dinikmati.

Begitulah cara membuat peyek Azolla, bagaimana? Apakah pembaca sekalian tertarik dengan peyek Azolla?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here