Cara Membuat Pestisida Nabati yang Ramah Lingkungan

0
16
Sumber : nusabali.com

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan pestisida Nabati yang ramah lingkungan. Bahkan kita dapat membuatnya sendiri dengan mudah

Pupuk adalah salah satu hal terpenting dalam bercocok tanam. Baik itu pupuk organik maupun anorganik. Banyak dari kita menggunakan pupuk-pupuk anorganik.

Tidak hanya Pupuk, petani juga kerap menggunakan bahan-bahan anorganik lainnya seperti pestisida. Dilansir dari Wikipedia Pestisida berasal dari bahasa Inggris yaitu pesticide, Nama ini berasal dari pest (“hama”) yang diberi akhiran -cide (“pembasmi”). Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu.

Namun terlalu sering menggunakan pestisida akan menyebabkan kurang suburnya tanah. Tidak hanya itu Penggunaan pestisida tanpa mengikuti aturan juga dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan  dan lingkungan. Bahkan dapat merusak ekosistem. Pestisida juga merupan salah satu senyawa kimia organik berbahaya Berdasarkan Konvensi Stockholm mengenai Polutan Organik Persisten.

Bahaya Pestisida bagi Kesehatan

Tidak hanya berbahaya bagi lingkungan, Dilansir dari alodokter Pestisida yang masuk ke tubuh dapat merusak sel dan mengganggu fungsi organ. Jika terjadi secara terus-menerus, paparan pestisida berisiko menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi manusia.

Alodokter menulis bahwa Pestisida dapat meneyebabkan gangguan reproduksi, baik pada pria maupun wanita. Pestisida mengandung bahan kimia yang dapat merusak sistem saraf. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menghindari paparan pestisida, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Selain itu menurut Penelitian juga menunjukkan bahwa pestisida diduga mampu meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit Parkinson dan Juga penyakit kangker, seperti,  seperti kanker ginjal, kulit, otak, limfoma,  payudara, prostat, hati, paru-paru, dan leukimia.

Bahkan Pestisida dapat menyebabkan pubertas dini pada anak laki-laki. Sebab Bahan kimia pada pestisida diduga bisa mengakibatkan peningkatan produksi hormon testosteron pada anak laki-laki.

Pestisida Nabati Ramah Lingkungan

Jadi Bagaimana solusinya ?

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan pestisida yang ramah lingkungan. Bahkan kita dapat membuatnya sendiri dengan mudah. Menggunakan bahan-bahan organic yang sangat mudah kita dapatkan disekitar kita.

Bahan-bahan Pestisida Nabati

Untuk membuat pestisida Nabati tidaklah rumit karena bahan yang kita perlukan juga sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Bahan-bahan yang kita butuhkan antara lain perlu daun pepaya, daun lidah buaya, daun sirsak, sereh dan bawang putih.

Cara pembuatan Pestisida Nabati

Setelah bahan-bahan terkumpul, Semua bahan diblender dan ditambahkan air secukupnya. Setelah semua bahan halus diamkan adonan selama dua hari dan pestisida siap digunakan.

Cara Penggunaan

Jika ingin menggunakan pestisida untuk disemprotkan pada tanaman cukup ambil 0,5 liter larutan pertisida nabati yang kita buat kemudian campurkan ke dalam 14 liter air. Dan insyaAlloh tanaman kita terhindar dari pengganggu, Selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here