Bupati dan DPRD Sepakat Pemekaran Banyumas-Purwokerto

Purwokerto akan dibagi kedalam tiga wilayah otonom yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas Barat, dan Kabupaten Induk yakni Kabupaten Banyumas.

0
47
Alun-alun Banyumas, sumber Istimewa

DPRD Kabupaten Banyumas dan Bupati Banyumas setuju agar Banyumas dibagi menjadi tiga daerah otonom.

Persetujuan ini telah ditandatangani oleh Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr Budhi Setiawan dan Bupati Banyumas Achmad Husein di hadapan 47 anggota dewan dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti yang dilansir dari Serayu News pada Selasa (1/12)

Achmad Husein, menjelaskan bahwa sebelum penandatanganan bersama, sudah ada sosialisasi terkait hasil kajian pemekaran ke 27 kecamatan dan desa. Dengan berita acara yang ditandatangani oleh Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK). Penanda tanganan dilakukan pada tanggal 19-20 Oktober dan 2 November lalu.

BACA JUGA : RSUD Banjarnegara Kini Miliki 29 Unit Bed Hemodialisa

“Setelah adanya persetujuan ini, kami akan serahkan ke gubernur (Ganjar, red), dengan melampirkan persyaratan dasar kewilayahan, meliputi luas wilayah minimal, jumlah penduduk minimal, batas wilayah, cakupan wilayah dan batas usia minimal kabupaten,” kata dia.

Dalam persetujuan tersebut Purwokerto akan dibagi kedalam tiga wilayah otonom. Yakni Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas Barat, dan Kabupaten Induk yakni Kabupaten Banyumas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here