Berkunjung Ke Banjarnegara? Coba 10 Makanan Khas Berikut

1
29
buntil khas banjarnegara
buntil khas banjarnegara

Selain Panorama Alam yang menakjubkan, citarasa makanan khas dari kabupaten banjarnegara juga akan memanjakan lidah, coba 10 makanan berikut

Betandang ke suatu daerah kurang lengkap bila belum mencicipi beragam kuliner khasnya. Terutama apabila berkunjung ke Banjarnegara. Salah satu hal wajib yang harus anda lakukan Ketika sedang berada di Kota Dawet Ayu adalah dengan memanjakan lidah dengan beragam makanan khas Banjarnegara. Banjarnegara memiliki beragam kuliner yang memiliki cita rasa yang khas dan unik yang hanya bisa ditemukan di Banjarnegara. Banjarnegara menyuguhkan segudang makanan yang menggugah selera.

Makanan Khas Kabupaten Banjarnegara

Ingin tahu apa saja makanan khas Kota Dawet Ayu yang menggugah selera tersebut ? berikut ini adalah deretan makanan khas Banjarnegara yang wajib anda coba untuk menikmati sajian lezatnya

Mie Ongklok

Berbeda dengan mie yang lainnya, seperti Namanya mie yang satu ini memang dibuat dengan cara di ongklok. Mie ongklok khas Banjarnegara ini menggunakan bahan dasar telur yang dicampur dengan daging sapi, irisan daun kol, sawi, dan ebi lalu disaram dengan kuah kentalnya.

Dalam proses pembuatannya, mie letur direbus hingga tiga per empat matang kemudian dikocok dengan air panas. Kemudian dicampur dengan bumbu yang berasal dari beragam rempah khas Banjarnegara, sehingga membuat rasanya lebih lezat.

Bakso Ketupat

Mendengar kata bakso mungkin dengan mudahnya ditemukan diberbagai wilayah di Indonesia. Namun berbeda dari bakso yang lain, bakso khas Banjarnegara memiliki perbedaan yang mencolok terutama dari tampilannya. Bakso khas Banjarnegara ini dilengkapi dengan ketupat sebagai perpaduan yang berbeda. Selain itu bakso sari Banjarnegara juga dilengkapi dengan bihun dan sari. Ditambah dengan kaldu sapi pada kuah membuat bakso menjadi lebih menggugah selere.

Bakso Ketupat ini banyak ditemukan di belakang Polres Banjarnegara. Hampir setiap warung yang menjual bakso ketupat ini tidak pernah sepi pengunjung setia hari. Dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 saja anda sudah bisa menikmati kelezatan bakso khas banjarnegara.

Tempe Mendoan, Khas Banjarnegara

Sama dengan tempe mendoan pada umumnya yang berbahan dasar tempe kedelai. Namun yang membedakan adalah cara pembuatannya. Tempe mendoan khas Banjarnegara memiliki cara yang berbeda dengan tempe mendoan didaerah lain. Dimana tempe dipotong tipis-tipis kemudian dilumuri dengan tepung. Tepung yang digunakan juga berbeda. Tepung yang digunakan dicampur dengan beragam rempah khas Banjarnegara sehingga membuat cita rasa yang khas dan berbeda.

Bila anda berada di Banjarnegara anda akan menemukan penyajian mendoan yang berbeda. Mendoan disajikan dengan tambahan cabe rawit hijau dan kecap, bahkan terkadang juga ada sambal kecap untuk menambah cita rasanya. Tempe mendoan sangat cocok apabila dinikmato dalam keadaan masih hangat.

Jenang Salak

Banjarnegara dikenanl sebagai wilayah dengan produksi salak yang melimpah. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan salak untuk beragam olahan makanan. Salah satu jenis olahannya adalah jenang salak. Proses pembuatannya sama dengan pembuatan jenang pada umumnya. Hanya saja jenang salak dibuat dengan menggunakan ekstrak buah salak. Jenang salak sendiri memiliki cita rasa yang sangat manis serta teksturnta lebih empuk dari jenang biasanya. Selain itu saat ana memakannya anda juga akan menikmati keharuman dari jenang salak yang sangat khas.

Es Dawet Ayu

Es dawet ayu merupakan makanan ikonik dari Banjarnegara. Minuman yang telah popular diseluruh penjuru nusantara ini wajib anda cicipi Ketika berada di Banjarnegara. Keunikan yang dimiliki dari minuman satu ini berasal dari tepung beras yang menjadi bahan dasar pembuatannya, sehungga menciptakan tekstur yang lebih kenyal. Tak hanya itu, dawe yang dihasilkan berwarna hijau terang berbeda dengan dawet pada umumnya. Minuman satu ini sangat cocok disantap untuk menghilangkan dahaga di siang hari.

Sirup Salak

Minuman khas Banjarnegara yang wajib anada coba selain es dawet ayu yaitu sirup salak. Bila anda ingin tinggal lebih lama di Banjarnegara maka anda tidak boleh melewatkan minuman yang satu ini. Minuman yang berasal dari buah salak ini mampu bertahan hingga beberapa  bulan lamanya. Bahannya yang alami dan tanpa bahan pengawet, sehingga minuman yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi.

Sirup buah salak ini sangat cocok digunakan untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Biasanya sirup ini dikemas di dalam botol sehingga sangat mudah untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Combro Kalipalet

Combro merupakan makanan dengan bahan dasar singkong. Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan singkong terlebih dahulu. Kemudian, singkong dicampurkan dengan bumbu yang memiliki rasa manis, pedas dan asin. Setelah itu, adonan dibentuk bulat pipih dan digoreng.

Sesuai dengan dengan Namanya, combri khas Banjarnegara ini berasal dari wilayah yang bernama Kalipalet. Biasanya camilan satu ini dihidangkan dengan soto krandengan. Salah satu hal yang membuat unik combro khas Banjarnegara yaitu combro disajikan dengan ukuran yang sangat besar yang tentunya akan memuaskan anda.

Soto Krandengan

Soto khas Banjarnegara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Bahkan banyak yang mengira soto ini mirip dengan soto Betawi, karena kuahnya yang dicampur dengan santan. Yang membedakan adalah isinya, soto krandegan terdiri dari ketupat, tauge, kerupuk, suwiran ayam dan diberikan toping berupa taburan bawang goreng. Kemudian disiram dengan kuah krandegan bersantan yang telah diberikan beragam bumbu khas Banjarnegara.

Makanan lezat satu ini sangat cocok digunakan sebagai makanan utama saat sarapan pagi. Soto krandegan ini banyak dijumpai di sekitar alun-alun Banjarnegara. Banyak penjual yang menjajakan makanan satu ini sehingga anda tidak perlu mengantri untuk mendapatkannya. Harganya yang relative murah juga tidak akan menguran banyak kantong anda.

Buntil Khas Banjarnegara

Makanan selanjutnya yang wajib anda coba yatu buntil. Makanan yang terbalut daun talas ini memiliki rasa yang begitu nikmat. Buntil memiliki dua bahan utama yaitu daun talas dan daun singkong. Namun yang sering digunakan yaitu daun singkong. Daun tersebut diberikan parutan kelapa dan diberikan bumbu pedas yang terbuat dari santan. Saat anda mencicipinya , anda akan merasakan cita rasa dari santn tersebut dan berpadu dengan bumbu pedas dan gurih  yang sangat nikmat di dalam mulut.

Demikian makanan-makanan Khas kabupaten Banjarnegara yang akan memanjakan lidah. Informasi lebih seputar Kabupaten Banjarnegara bisa anda akses disini

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here