7 Alasan Dieng Begitu Menarik untuk Dikunjungi

0
9
Pesta Lampion pada gelaran DCF. sumber Istimewa

Terletak di Kabupaten Banjarnegara, Dieng memiliki cukup alasan untuk selalu dikunjungi. Berikut kami rangkum 7 alasan kenapa kamu harus ke berkunjung kesana

Siapa si yang ngga kenal Dieng ? Kota dingin yang orang sering sebut dengan negeri di atas awan. Objek wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara ini setiap tahunnya selalu datang ribuan wisatawan untuk mengunjungi kota dingin ini. Bagaimana tidak, tempat ini memiliki berbagai keindahan dan selalu menarik para wisatawan untuk datang lagi dan lagi.

Lalu apa si yang menarik dari kota dingin ini sehingga banyak sekali wisatawan yang datang ? Berikut ini adalah hal-hal menarik yang menjadi alasan kenapa kamu harus mengunjungi Dieng :

Budaya yang unik

sumber : jatengprov

Dieng sangat terkenal dengan budayanya yang unik dan berbeda dari daerah lain. Salah satunya adalah ruwatan rambut gimbal. Ruwatan rambut gimbal adalah upacara pemotongan rambut pada anak-anak yang berambut gimbal. Dimana masyarakat percaya bahwa anak-anak yang memiliki rambut gimbal adalah keturunan Kiai Kolodete. Uniknya, ruwatan ini hanya dapat dilakukan setelah orang tua memenuhi permintaan “apa pun” yang diajukan oleh sang anak. Konon jika pemotongan rambut gimbal tidak dilakukan melalui ritual sakral, rambut gimbal akan kembali tumbuh dan si anak cenderung sakit-sakitan.

Panorama Alam Dieng yang Indah

Dieng juga menyimpan jutaan keindahan alam yang wajib untuk kalian kunjungi. Mulai dari kawah sikidang yang terkenal, telaga warnanya yang indah, gunung-gunung yang seolah meminta untuk didaki dan masih banyak lagi. Jika hanya sekali datang ke sana tentu sangat tidak puas. Untuk itu banyak wisatawan yang datang berkali-kali hanya untuk menikmati keindahannya yang tidak ada habisnya.  

Dieng Memiliki Banyak Situs Sejarah

Selain memiliki alam yang sangat indah, objek wisata ini juga memiliki banyak situs sejarah. Salah satunya adalah Candi arjuna. Candi ini diperkirakan adalah candi tertua yang dibangun pada abad 8 masehi oleh Dinasti Sanjaya dari mataram kuno. Selain canti arjuna didalam kompleks percandian Arjuna juga terdapat candi-candi lain, diantaranya candi Semar, Candi Srikandi, dan Candi Sembadra. Candi Arjuna sendiri terletak paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut.    

Embun Es yang Menawan

Embun Es Dieng
sumber : bisnis.com

Di Dieng kerap terjadi fenomena alam unik yaitu munculnya embun es di pagi hari. Fenomena ini kerap terjadi pada bulan Juni – Juli. Saat puncak musim kemarau. Dimana suhu di dieng turun ke titik terendah bisa mencapai suhu dibawah 5 derajat Celsius.  Embun es atau disebut sebagai embun upas biasanya ditemukan di Kawasan candi Arjuna.

Masyarakat Dieng yang ramah

lokasi wisata disini kebanyakan berada di Kawasan penduduk. Tentu membuat kita bertemu atau berinteraksi langsung dengan mayarakat disana. Masyarakatnya sendiri tekenal dengan keramahannya karena setiap bertemu dengan orang selalu menyapa dengan sapaan “nuwun sewu” yang dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai permisi. Atau dengan “monggo” dimana kata-kata tersebut membuat masyarakat Dieng semakin terlihat ramah.

Fasilitas Yang Lengkap

Berkunjung ke Dieng bersama keluarga adalah pilihan tepat. Tentu saja kamu tidak akan kebingungan untuk mencari penginapan disana. Di Dieng maupun kota Wonosobo dan Banjarnegara terdapat banyak penginapan. Tentu saja kamu bisa memilih penginapan sesuai kantongmu. Tidak hanya penginapan, kamu juga bisa memilih kuliner dan tempat makan yang sesuai dengan lidah dan kantongmu. Kamu juga tidak akan kesulitan untuk menuju kesana, karena kondisi jalan untuk menuju kesana cukup baik.

Event Dieng Cultur Festival (DCF) yang tidak boleh Kamu Lewatkan

Pesta Lampion pada gelaran DCF. sumber Istimewa

DCF adalah Event tahunan yang sayang sekali jika kamu lewatkan. Evant ini menyajikan berbagai event yang menarik untuk kamu ikuti. Jazz diatas Awan dan penerbangan ribuan lampion serta upacara adat pemotongan rambut gimbal menjadi yang paling menarik.

Demikian 6 alasan kenapa Dieng begitu menarik untuk kamu kunjungi. Jika kamu memiliki alasan lain, boleh ditulis di kolom komentar ya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here