5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an

0
48
5 Kesalahan Pengelolaan Keuangan di Usia 20-an
Ilustrasi, Sumber : journal.sociolla.com

5 Kesalahan dalam Pengelolaan Keuangan ini harus kita hindari di Usia
20-an agar keuangan kita dimasa depan menjadi sehat

Usia 20-an menjadi usia produktif, usia dimana kebanyakan dari kita sudah mulai terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan Studi.

Namun disatu sisi pada usia ini berbagai faktor seperti pergaulan, gaya hidup, hingga memasuki fase quarter life crisis, kerap mempengaruhi kondisi finansial di usia 20an.

Pada Usia ini sebaiknya kita harus berhati-hati. Jangan sampai mengira sudah punya uang sendiri berarti Anda bisa bersenang-senang tanpa mengatur bujet. Hal ini harus sangat anda perhatikan. Terutama bagi fresh graduate maupun Anda yang baru pertama kali masuk ke dunia kerja.

Tidak jarang di usia emas ini banyak diantara kita yang kurang memperhatikan pengelolaan keuangan. Padahal Justru kesalahan mengelola keuangan di usia ini, dapat membuat kita terjebak pada pengelolaan keuangan yang tidak sehat di masa depan


Nah, berikut ada 5 Kesalahan yang pengelolaan keuangan yang kerap dilakukan paa usia 20-an.

Baca Juga : Informasi Loker, Tips dan Trik mendapat pekerjaan

Tidak memperhitungan Buget untuk setiap kebutuhan

Hal terpenting dalam pengelolaan keuangan adalah perencanaan. Sudah memiliki uang sendiri bukan berarti kita bebas menggunakan uang kita tanpa perhitungan. Memperhitungan pos-pos kebutuhan yang harus kita penuhi. Atau memperhitungkan pos-pos apa saja yang harus kita bayar harus kita lakukan sejak awal. Jika tidak bisa saja kita kaget karena uang kita tiba-tiba sudah habis bahkan sebelum semua kebutuhan kita terpenuhi

Beli Barang yang kurang dibutuhkan bahkan tidak berguna

Hati-hati dalam mengikuti tren, membeli barang untuk mengikuti tren agar selalu up todate mungkin juga penting. Tapi kita juga harus melihat apakah barang yang kita beli apakah benar-benar berguna dan kita butuhkan atau tidak. Atau jangan-jangan hanya akan menjadi brang yang mubazir untuk kita.
Kita juga tidak harus membeli HP Baru, sneaker baru, motor baru, baju baru setiap bulan.

Suka Pesta dan Nongkrong

Mencari hiburan dan nongkrong dengan teman untuk merefresh pikiran kita sesekali juga perlu. Tapi jika suka diajak nongkrong setiap hari, kemudia melakukan party setiap bulan seteah gajian tentu bukanlah hal yang bijak.

Hutang

Hutang yang buruk dan bukan untuk hal-hal yang produktif justru akan menambah masalah keuanganmu untuk jangka yang panjang. Dan hati-hati jangan sampai kita berhutang diluar kemampuan kita untuk membayarnya. Adanya kartu kredit juga harus kita perhatikan. Jangan sampai kita terlalu bergantung dengan kartu kredit

Tidak Melakukan Investasi

Tidak mencoba berinvestasi untuk jangka panjang dan justru menghaburkan uang untuk hal-hal mubazir dapat menyebabkan kondisi keuanganmu menjadi sangat tragis di masa yang datang.

Berikutlah 5 Kesalahan pengelolaan keuangan yang harus kita hindari di usia 20an yang dilansir dar rintisan.id. Semoga bisa menjadi pengingat bagi kita untuk selalu bijak dalam mengelola dan menggunakan uang kita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here