4 Wisata di Pulau Bintan Yang Perlu Anda Kunjungi

1
132

Wisata di Pulau Bintan, Pulau Bintan terletak di wilayah provinsi Kepulauan Riau dan merupakan pulau terbesar di provinsi tersebut. Pulau Bintan terletak di seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia dan berhadapan langsung dengan Laut China Selatan.

Di pulau ini memiliki tiga Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, Pemerintah Kabupaten Bintan terletak di Bandar Seri Bintan, serta Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak (Tanjungpinang). 

Pulau Bintan Menyimpan Keindahan Alam yang menawan. Wisatawan akan sangat dimanjakan dengan berbagai Objek wisata

Berikut beberapa Wisata di Pulau Bintan yang wajib Anda kunjungi jika tengah berpergian di Pulau Bintan

Wisata di Pulau Bintan, Pantai Trikora

BACA JUGA : Asrinya Curug Sinom Indah Banjarnegara

Pantai Trikora Sumber : kepriprov.go.id

Salah satu tujuan wisata yang sayang jika dilewatkan kala Anda berkunjung ke Pulau Bintan adalah Pantai Trikora. Pulau ini memiliki pesona alam yang alami dengan pasir putih dan ombak yang landai, memberikan sensasi tersendiri saat liburan bersama keluarga dan kerabat.

Pantai yang dianggap sebagai salah satu pantai terindah di Sumantra ini terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan.

Jika Anda memulai perjalanan dari Tanjung Pinang maka harus bergerak ke arah timur sekitar 45 km. Pantai ini memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3 dan 4.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari nama “three corral”, yang diberikan oleh wisatawan asing yang kala itu berkunjung ke pantai ini. Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Dimana pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, tengah hangat beredar isu tentang “Ganyang Malaysia”, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu.

Wisata di Pulau Bintan, Bintan Lagoi

BACA JUGA : Berwisata dan Belajar Sejarah Dieng di Museum Kailasa Banjarnegara

Bintan Lagoi, Sumber : kepriprov.go.id

Lagoi merupakan kawasan wisata terpadu dan eksklusif di Pulau Bintan. Pulau Bintan sendiri memiliki banyak pantai dan resort internasional, lokasi Bintan Lagoi terletak sekitar 60 menit dari kota Tanjungpinang. Bintan Lgoi sudah sangat dikenal oleh para wisatawan mancanegara, maka tak heran apabila banyak sekali turis asing yang datang kesini teruma wisatawan dari Singapore.

Tidak hanya itu, dikutip dari Kontan kawasan Bintan Lagoi ini menawarkan aneka cita rasa makanan yang tersebar pada banyak tempat makan untuk memenuhi selera para wisatawan.  Wisatawan bisa mencoba makanan lokal mulai dari rendang sapi hingga goreng pisang keju, atau bahkan makanan laut segar serta makanan mancanegara lainny

Wisata di Pulau Bintan, Pulau Penyengat

Pulau Penyengat, Sumber : kepriprov.go.id

selanjutnya, Pulau Penyengat Inderasakti dalam sebutan sumber-sumber sejarah, adalah sebuah pulau kecil yang berjarak kurang lebih 2 km dari Kota Tanjungpinang, pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau yang berjarak sekitar 35 km dari Pulau Bata mini memiliki panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter. Pulau ini dapat ditempuh dari Tanjungpinang dengan menggunakan perahu bermotor atau lebih dikenal pompong yang memerlukan waktu tempuh kurang lebih 15 menit

Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah yang di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Sejak tanggal 19 Oktober 1995, Pulau penyengat dan kompleks istana di Pulau Penyengat telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia.

Wisata Pulau Mapur

Pulau Mapur, SUmber Istimewa

Pulau Mapur adalah salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya berada di Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan. Kira-kira berjarak sekitar  23 km dari Kota Tanjung Pinang di Pulau Bintan kabupaten Provinsi Kepulauan Riau Indonesia (KEPRI).

Pulau ini berada dalam kawasan Desa Mapur yang memiliki Luas daratan di perkirakan sekitar 44 Km2, sedangkan  luas lautan sekitar kurang lebih 442 Km2.

Keunggulan lain Pulai Mapur adalah memiliki Pemandangan bawah laut yang elok di perairan sekitarannya, Tak heran kalau di waktu-waktu tertentu, perairan Mapur dan sekitarnya banyak dikunjungi turis asing, terutama mereka para penyuka diving. 

Di sisi Utara, dikutip dari Kontan, perairannya berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Malaysia, sisi Selatan berbatasan dengan Kelong sedangkan di sisi Barat berbatasan dengan Kecamatan Gunung Kijang.  Sejak tahun 2006, pemerintah telah mengembangkan perairan Pulau Mapur sebagai kawasan “COREMAP,” yang fokus pada penelitian terumbu karang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here