Memahami Soal Customer Behavior pada Sebuah Bisnis

Memahami Soal Customer Behavior pada Sebuah Bisnis

Perilaku konsumen atau customer behavior adalah studi tentang bagaimana konsumen berperilaku di pasar. Riset perilaku konsumen menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut :

  1. Faktor apa yang dipertimbangkan konsumen sebelum membeli produk atau layanan?
  2. Tindakan apa yang mengarahkan konsumen untuk membeli barang dan jasa?

Konsumen memainkan peran kunci dalam kesuksesan bisnis Anda. Jika Anda tidak memahami audiens target Anda dan preferensi mereka, kemungkinan besar Anda tidak akan berhasil di pasar.

Oleh karena itu, meneliti dan meneliti perilaku konsumen sangat penting bagi pemasar untuk membuat rencana pemasaran yang sukses. Memahami perilaku pembelian konsumen membantu pemasar memahami persyaratan dan harapan konsumen.

Pentingnya Perilaku Pembelian Konsumen

Memahami Soal Customer Behavior pada Sebuah Bisnis

Menilai perilaku konsumen atau customer behavior adalah salah satu langkah pertama yang diambil perusahaan sebelum membawa produk baru ke pasar atau menganalisis peluang di segmen pasar tertentu.

Perilaku konsumen berubah dengan cepat, dan konsumen yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda dalam hal membeli produk. Untuk mengikuti perubahan selera, pola mode, dan gaya hidup, penting bagi pemasar untuk menilai perilaku pembelian konsumen.

Inilah beberapa alasan mengapa customer behavior itu penting.

 

1. Menjaga kepentingan pasar

Di dunia yang berubah dengan cepat saat ini, tantangan terpenting bagi perusahaan adalah tetap relevan di pasar. Perilaku pembelian konsumen yang berubah dengan cepat dan teknologi yang berubah dengan cepat mengubah lanskap pasar dengan cepat.

Berbeda dengan masa lalu, konsumen saat ini memiliki banyak sekali pilihan dan kesempatan untuk beralih dari satu produk ke produk lainnya. Konsumen jarang setia pada satu merek akhir-akhir ini. Konsumen senang membeli produk dan layanan dari perusahaan dengan produk terbaik dan fitur terbaru.

Ketidakmampuan untuk tetap relevan di pasar adalah salah satu mimpi terburuk bagi perusahaan mana pun. Pertimbangkan Nokia, misalnya. Selama beberapa dekade, Nokia telah menjadi merek nomor satu di pasar ponsel. Namun, perusahaan akan bangkrut jika tidak bisa mengikuti perubahan selera pelanggannya.

Oleh karena itu, pemasar menggunakan analisis perilaku konsumen agar tetap relevan di pasar dan terus berkembang sejalan dengan perubahan kondisi pasar.

 

2. Diferensiasi konsumen

Diferensiasi konsumen sangat penting bagi bisnis untuk melayani pelanggan mereka dengan baik. Berdasarkan pelanggan, perusahaan pembeda mengklasifikasikan berbagai kelompok pelanggan sasaran. Semua pelanggan dengan perilaku konsumen yang sama disimpan dalam satu kelompok.

Perusahaan akan memanfaatkan strategi pemasaran secara berbeda untuk bisa melakukan penargetan pada kelompok konsumen yang berbeda. Kelompok sasaran yang berbeda memiliki kebutuhan dan persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang digunakan digunakan untuk menjual produk kepada konsumen yang beragam.

Membedakan dengan benar antara kelompok konsumen yang berbeda meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran yang dirancang oleh pemasar. Konsumen yang termasuk dalam kelompok konsumen yang berbeda berperilaku berbeda.

Dengan demikian, diferensiasi konsumen memberikan peluang untuk memperluas bisnis Anda dengan mendiversifikasi produk dan layanan Anda untuk memenuhi permintaan kelompok konsumen yang berbeda.

 

3. Untuk meningkatkan layanan pelanggan

Di era kompetitif saat ini, bisnis menggunakan berbagai strategi untuk membuat pelanggan mereka senang. Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik adalah salah satu strategi yang paling umum digunakan oleh bisnis.

Namun, bisnis hanya dapat memberikan layanan pelanggan yang sangat baik jika mereka memahami perilaku pelanggan yang berbeda. Misalnya, toko yang menjual kosmetik perlu melayani pelanggan yang beragam. Satu kategori klien adalah ahli tata rias, dan di kategori lain klien adalah pemula tata rias lengkap.

Hanya jika toko menganalisis perilaku konsumen dan menyiapkan strategi yang tepat, mereka dapat melayani kedua kategori pelanggan secara memadai.

Itulah informasi terkait dengan pengertian daripada perilaku konsumen atau customer behavior beserta alasan mengapa hal tersebut sangat penting dalam bisnis Anda. Mengetahui hal tersebut, tentunya Anda bisa menjadi lebih mempertimbangkan mengenai riset perilaku konsumen untuk kelancaran bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *