4 Fungsi Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

4 Fungsi Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

Pada saat flu menyerang, mengkonsumsi vitamin C sering menjadi pilihan pertama untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh. Vitamin C memang menjadi salah satu hal yang bisa diandalkan guna mencegah beberapa jenis penyakit.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas mengenai fungsi vitamin C untuk daya tahan tubuh. Sedangkan, bagi Anda yang penasaran apa saja fungsi dari vitamin C bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Fungsi Vitamin C untuk Daya Tahan Tubuh

4 Fungsi Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh
Asupan vitamin C yang cukup ini bisa melindungi tubuh dari beberapa serangan penyakit. Namun, hal tersebut bukan menjadi salah satu-satunya fungsi dari vitamin C. Zat gizi vitamin C ini selalu identik dengan buah-buahan yang juga bisa digunakan untuk memberikan perawatan pada kulit, peredaran darah dan saraf otak. Beberapa fungsi vitamin C untuk daya tahan tubuh lainnya adalah :

1. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memberikan dorongan produksi sel darah putih atau yang sering disebut dengan limfosit dan fagosit. Sebagai antioksidan, jenis vitamin yang satu ini juga bisa dijadikan alat untuk melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Paling pentingnya lagi, vitamin C bisa membantu memperkuat pertahanan kulit. Kulit tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari udara dan lingkungan saja. Akan tetapi, organ terbesar atau kulit ini juga digunakan untuk menghalangi masuknya bakteri, jamur dan beberapa penyakit lainnya yang tidak kita inginkan.

2. Menjaga Kulit Supaya Tetap Sehat dan Kencang
Vitamin C bisa ditemukan pada lapisan bagian dermis dan juga epidermis. Selain itu, manfaat vitamin C adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Zat gizi yang satu ini bisa saja dipergunakan untuk mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari segala jenis kerusakan, yang tentu akan membuat kulit tetap cantik berseri.

Kolagen adalah salah satu protein utama yang bisa membentuk struktur kulit menjadi lebih baik. Produksi kolagen bisa saja menurun akibat penuaan dan adanya radikal bebas dari faktor lingkungan. Paling terpentingnya lagi yaitu vitamin C bisa membantu menjaga produksi kolagen dan membuat tampilan sehat.

3. Mencegah Anemia dan Defisiensi Besi
Anemia atau defisiensi besi adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi pada sel darah merah akibat tidak mempunyai zat besi cukup. Seperti yang diketahui, sel darah di dalam tubuh ini juga membutuhkan zat besi guna mengikat oksigen dan proses pengedaran ke seluruh tubuh, agar badan tetap sehat dan tahan dalam segala situasi.

Bagi Anda yang ingin mencegah masalah tersebut bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin C. Sedangkan, asam karbonat di dalam tubuh juga mempunyai cara kerja guna meningkatkan penyerapan zat besi.

4. Mengontrol Pada Tekanan Darah
Bagi Anda yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi atau darah tinggi, tidak ada salahnya untuk menambahkan makanan kaya kandungan vitamin C dalam sehari-hari. Pasalnya, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa asupan vitamin C ini bisa membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Selain itu, menurut penelitian suplemen yang mempunyai kandungan vitamin C bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah. Supaya lebih imbang, Anda bisa juga menurunkan dengan cara mengurangi asupan yang mempunyai kandungan garam berlebih.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai vitamin C untuk daya tahan tubuh. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan tubuh dengan daya tahan sehat dan baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.