Update Transfer Persib, Bursa Pengganti Ardi Idrus: Duo Papua, Ada Wonderkid Persipura & Frank Sokoy

Update Transfer Persib, Bursa Pengganti Ardi Idrus: Duo Papua, Ada Wonderkid Persipura dan Frank Sokoy Kepergian Ardi Idrus dari Persib Bandung sempat mengejutkan bobotoh. Setelah mengarungi tiga musim kompetisi, Ardi Idrus adalah pemain andalan skuad Maung di posisi bek kiri.

Tak hanya kuat dalam bertahan, Ardi Idrus juga piawai membantu sektor serang dan tak jarang menjadi pemecah kebuntuan bagi Persib. Karenanya, kepergian Ardi Idrus adalah hal yang sangat mengejutkan. Namun manajemen Persib cepat cepat mengabarkan, kalau tim sudah berupaya menyodorkan kontrak baru.

Hanya, sang pemain menolak dan memilih petualangan baru bersama tim lain. Perpisahan Ardi Idrus dengan Persib Bandung diumumkan langsung pada Instagram resmi Persib pada Rabu (13/4/2022). Tentu, turut dilepasnya Ardi Idrus pada bursa transfer awal musim Liga 1 2022 mengejutkan banyak pihak terutama para Bobotoh.

Mengingat pemain bernomor punggung 3 tersebut di Liga 1 2021 kerap menjadi andalan di sisi sayap kiri pertahanan Persib Bandung. Tercatat, pemain berusia 29 tahun tersebut sukses bukukan 25 pertandingan dengan total menit bermain sebanyak 1979 menit bermain. Dengan resmi dilepasnya Ardi Idrus oleh Persib Bandung, maka setidaknya, Persib Bandung harus segera mencari sosok pengganti bagi pemain kelahiran Ternate tersebut.

Pasalnya, dalam kedalaman skuad yang dimiliki Persib Bandung, praktis pemain dengan tipikal bek sayap kiri hanya menyisakan sosok Zalnando. Lantas, siapakah sosok yang bisa jadi regenerasi Ardi Idrus di sisi bek sayap Persib Bandung dan bersaing dengan Zalnando? Pemain berusia 22 tahun tersebut bisa masuk menjadi opsi Persib Bandung gantikan sosok Ardi Idrus menilik dari posisinya yang juga sebagai bek sayap kiri.

Nama David Rumakiek bisa jadi opsi untuk didatangkan Persib Bandung mengingat timnya di musim lalu, Persipura Jayapura terdegradasi ke Liga 2 2022. Adik kandung Ramai Rumakiek tersebut bisa menjadi pesaing Zalnando dalam perebutannya di posisi utama menilik dari menit bermainnya bersama Persipura musim lalu. Meski terhitung masih muda, namun jam terbang dan menit bermainnya di Persipura Jayapura terhitung mempuni.

Tercatat, di Liga 1 2021, David Rumakiek sukses torehkan 18 laga dengan 1423 menit bermain bagi Mutiara Hitam. Dari 18 laganya bersama Persipura Jayapura, 11 pertandingan lainnya ia catatkan sebagai starter. Berikut profil lengkap dan statistik keseluruhan David Rumakiek bersama Persipura Jayapura:

Dilansir Transfermarkt , berikut profil lengkap David Rumakiek: Nama Lengkap : David Kevin Wato Rumakiek Tanggal Lahir : 18 Juli 1999

Tempat Kelahiran : Jayapura, Indonesia Usia : 22 Tahun Tinggi : 1,70 m

Kewarganegaraan : Indonesia Posisi : Bek Kiri/Left Back Kaki : Kiri (Left)

Klub saat ini : Persipura Jayapura Bergabung : 1 Januari 2017 Kontrak Berakhir :

Frank Rikhard sendiri musim lalu menjadi andalan kedua PersebayaSurabaya di posisi bek kiri. Pemain asal Papua itu kerap bermain saat Reva Adi Utama sedang cedera atau terkena akumulasi kartu. Sokoy mencatatkan total 13 pertandingan sepanjang musim bersama PersebayaSurabaya.

Dari total 13 pertandingan itu, FrankSokoy mencatatkan 13 tackel, 21 kali intersep, dan 4 kali sapuan. Seperti apa biodata dan profil FrankSokoy? berikut selengkapnya. Frank Rikhard adalah pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri.

Frank Rikhard Sokoy lahir pada 16 Juli 1997 di Papua dan saat ini berusia 23 tahun. Pada awal musim 2019, Frank Rikhard Sokoy bermain untuk Persitoli. Sebuah klub yang berasal dari Tolikara, Papua yang bermain di Liga 3.

Lalu pada akhir tahun 2019, ia pindah untuk bermain di Perste Tulungagung. Perseta Tulungagung saat ini juga bermain di Liga 3. Ia sempat tidak memiliki klub setelah mendapat sanksi larangan bermain selama 12 bulan dari PSSI.

Frank Rikhard akhirnya memiliki klub dengan bergabung dengan PersebayaSurabaya jelang Piala Menpora bergulir. Ia bermain dalam ajang Piala Menpora 2021 saat PersebayaSurabaya bertemu PSS Sleman dalam putaran grup. Ia bermain selama 45 menit dalam debutnya bersama Persebaya tersebut.

Selebihnya ia hanya duduk di bangku cadangan. Manajemen PersebayaSurabaya, melalui manajernya Candra Wahyudi belum mau menanggapi soal pemain seleksinya Frank Rikhard Sokoy jelang Liga 1 2020. Manajer kelahiran Bojonegoro itu beralasan masih mempelajari persoalan mantan pemain Perseta Tulungagung itu.

Di mana Frank Rikhard Sokoy memang diketahui pernah mendorong wasit di laga Liga 3 musim lalu. Sekedar untuk diketahui Frank Rikhard Sokoy saat ini memang melakukan seleksi di Persebaya. Namun, manajemen Bajul Ijo tidak bisa mengkontraknya.

Alasannya, mantan pemain Perseta Tulungagung itu tengah menjalani sanksi dari Asprov PSSI. Sanksi itu diberikan saat pertandingan Perseta Tulungagung vs Putra Sinar Giri Gresik di kompetisi liga 3 pada 23 Desember 2019 di Stadion Gelora Jaka Samudra, Gresik. Sanksi itu diberikan setelah melakukan tindakan tidak sportif, respect dan fair play berupa mendatangi wasit melakukan protes dengan cara mendorong wasit

Mimpi untuk membela PersebayaSurabaya menjadi kenyataan bagi Frank Rikhard Sokoy. Awal musim 2020 lalu, ia hampir direkrut Aji Santoso setelah mengikuti seleksi pemain di Persebaya. Rencana tersebut batal, karena FrankSokoy sedang menjalani sanksi dari Komdis PSSI berupa larangan beraktivitas di lingkungan PSSI selama 12 bulan.

Kini sanksi itu sudah selesai dan Frank Rikhard Sokoy bisa melanjutkan mimpinya membela Persebaya. Ia memang bertekad, tahun kemarin tidak diterima, tahun ini dirinya harus bisa masuk Persebaya. Pemain 24 tahun itu tidak memungkiri, bisa diterima di Persebaya tahun ini juga berkat kegigihannya tetap berlatih dalam masa penantian.

Konsisten berlatih yang dijalani Frank bisa dibilang tidak mudah, karena dijalaninya saat kompetisi sedang dihentikan akibat pandemi Covid 19. Ia kemudian masuk skuad Persebaya di BRI Liga 1 2021. Frank Sokoy kerap menjadi andalan saat pemain bek kiri utama yaitu Reva Adi mengalami cedera atau akumulasi kartu.

Bersama Persebaya, Sokoy mencatatkan total 13 pertandingan sepanjang musim bersama PersebayaSurabaya. Total 13 tackel, 21 kali intersep, dan 4 kali sapuan dicatatkan oleh FrankSokoy dari 13 pertandingan yang ia lakoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.