Tanggul Sungai Gamping di Klaten Jebol Sepanjang 15 Meter, 30 Hektar Sawah Terendam

Tak mampu menahan debit air yang meningkat saat hujan deras melanda daerah itu pada Rabu sore, tanggul Kali Gamping di Desa Karangasem, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten Jawa Tengah jebol sepanjang 15 meter, Rabu (16/3/2022) malam. Akibatnya, sekitar 30 hektar sawah di desa itu terendam luapan air Kali Gamping. "Hasil koordinasi, tanggul jebol akan dipasang bronjong kawat dan batu kali disupport dari BPBD, DPUPR Bidang SDA dan BBWS. Pelaksanaan gotong royong setelah air surut," ucapnya.

Kemudian, untuk permukiman warga yang rumahnya tertimpa pohontumbang di Desa Karangasem itu, pada Rabu malam sudah langsung diberikan bantuan logistik. Selain di Desa Karangasem, luapan air Sungai Jetis Kecamatan Juwiring dan Sungai Bloro di Kecamatan Karangdowo. Kemudian, angin ribut melanda Kecamatan Karangnongko, Ngawen dan Jatinom.

Untuk wilayah Karangnongko mengakibatkan 1 rumah milik Sutinah tertimpa pohon rusak ringan dan pagar belakang milik Totok di Desa Demakijo, serta beberapa pohontumbang menghalangi jalan. "Di Ngawen beberapa pohontumbang, 1 rumah tertimpa pohon. Kalau di Jatinom pohontumbang dan salah satunya menimpa rumah milik Andik rusak ringan, alhamdulillah semua sudah terkondisi," ucapnya. Sebelumnya, Kepala Desa Demakijo, Ery Karyatno menyebut di desa yang ia pimpin sudah dilakukan penanganan pohontumbang yang menimpa rumah warga.

"Semua sudah ditangani oleh relawan," ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.