Nirmala Dewi: Timnas Bolabasket Indonesia Putri Target Raih Emas Di SEA Games Hanoi

PP Perbasi punya ekspektasi tinggi terhadap Timnas Bolabasket Indonesia Putri. Mereka diharapkan bisa memperbaiki perolehan medali yang didapat pada SEA Games edisi sebelumnya saat beraksi di SEA Games Hanoi, Vietnam, Mei nanti. Pada multievent antarnegara ASEAN ke 31 itu, para Srikandi Bolabasket Indonesia diharapkan bisa persembahkan emas. "Di SEA Games nanti, kita targetkan semaksimal mungkin, yaitu emas. Harusnya kita mampu," ungkap Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi. Timnas Bolabasket Indonesia Putri memang belum bisa persembahkan emas. Capaian terbaik adalah meraih perak masing masing pada edisi 1991 dan 2015. Sementara lainnya perunggu pada 2017 dan 2019.

Hadapi SEA Games ke 31 di Vietnam, PP Perbasi melalui Badan Tim Nasional memanggil 20 pemain putri terbaik bangsa. Mayoritas mereka adalah bagian dari amunisi SEA Games sebelumnya dan skuad yang turun di FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Jordania. Para Srikandi bolabasket Indonesia tersebut menjalani training center (TC) sejak 3 Februari 2022 di GOR Cahaya Lestasi Surabaya. TC kali ini untuk dua timnas sekaligus. Timnas Bolabasket Indonesia 5×5 Putri dan Timnas Bolabasket Indonesia 3×3 Putri. Untuk yang 5×5 dibawah asuhan Coach Lin Che Wen. Sementara Coach July Wong ditugaskan memoles 3×3.

"Pelatih minta untuk 12 Pemain yang ke Jordania dipanggil kembali, karena menurut beliau mereka sudah mengerti sistem permainan yang dia mau terapkan. Lalu ditambah delapan orang pemain dari hasil pemantauan beliau di Liga Mahasiswa, Tournament Ultah GMC, dan para Pemain dengan potensi tinggi yang ada di luar negeri," jelas Manajer Timnas Bolabasket Putri Christopher Tanuwidjaja. Sebanyak 12 pemain yang berjuang bersama Coach Lin Chi Wen di FIBA Women's Asia Cup 2021 adalah Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Agustin Elya Gradita Retong, Kadek Pratita Citta Dewi, Priscilla Annabel Karen, dan Sumiati. Kemudian ada Yuni Anggraeni, Mega Nanda Perdana Putri, Nathania claresta Orville, Gabriel Sophia, Henny sutjiono, Kimberley Pierre Louis, dan Angelica Jennifer Candra. Mereka akan bersaing dengan delapan pemain hasil pemantauan di beberapa kejuaraan. Untuk Timnas Bolabasket Indonesia Putri 5×5 disediakan slot 12 pemain. Sementara untuk Timnas Bolabasket Indonesia Putri 3×3 disediakan slot 4 pemain.

"Tapi tidak menutup kemungkinan 1 pemain akan kita panggil untuk memperkuat dua events yang berbeda tersebut. Dalam seleksi, tidak ada promosi dan degradasi. Yang ada hanya terpilih masuk ke dalam squad utama atau tercoret," ujar Christopher. 1. Adelaide Calista Wongsohardjo (GMC Cirebon) 2. Agustin Gradita Retong (Merpati Bali) 3. Clarita Antonio (Surabaya Fever) 4. Faizzatus Shoimah (GMC Cirebon) 5. Gabriel Sophia (Surabaya Fever) 6. Henny Sutjiono (Surabaya Fever) 7. Husna Aulia Latifah (Merpati Bali) 8. Kadek Pratita Citta Dewi (Merpati Bali) 9. Kea Kahol (center Surabaya Fever) 10. Natasha Debby Christaline (Surabaya Fever) 11. Nathaniel Claresta Orville (Surabaya Fever) 12. Priscilla Annabel Karen (Scorpio Jakarta) 13. Yuni Anggraeni (sahabat Semarang) 14. Sumiati (Surabaya Fever) 15. Kimberley Pierre Louis 16. Mega Nanda Perdana Putri (Surabaya Fever) 17. Angelica Jennifer Candra (Mataram Jogjakarta) 18. Peyton Alexis Whitted 19. Dyah Lestari (Sahabat Semarang) 20. Dewa Ayu Made Sriartha (GMC Cirebon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.