Akan Pertahankan Makam Vanessa Angel di Samping Bibi, Faisal Nasihati Doddy, Singgung Hak Gala Sky

Faisal akan mempertahankan makam menantunya, Vanessa Angel, tetap berada di samping makam anaknya, Bibi Andriansyah. Ia sama sekali tak setuju dengan rencana Doddy Sudrajat, besannya, yang hendak memindahkan makam Vanessa Angel. Meskipun Doddy berdalih pemindahan makam itu merupakan alasan wasiat almarhumah yang ingin dimakamkan di samping sang ibu.

"Saya enggak setuju, saya pertahankan. Tapi andai kata lebih kuat dia, saya mau apalagi," kata Faisal di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (5/2/2022). "Bagi saya anak dan menantu saya sudah damai sudah tenteram bahagia, enggak ada persoalan," lanjutnya. Faisal sejujurnya ingin memberi masukkan terkait pemindahanan makam kepada Doddy Sudrajat apabila dihubungi.

Menurutnya, saat ini yang berhak melakukan apapun kepada makam Vanessa Angel adalah Gala Sky. "Kalau pihak sebelah enggak mau bongkar, ya enggak perlu dilakukan. Karena yang paling berhak atas mamanya ini, Gala. Tunggulah Gala (mengerti)," ujar Faisal. Namun, jika pemindahan makam tersebut tetap terjadi, Faisal tidak akan mengambil langkah lebih lanjut di luar batas kemampuannya.

"Saya tidak akan memaksa. Di luar kemampuan saya. Saya mau buat apa? Mau ribut terus kan enggak," jelas Faisal. Sementara Doddy Sudrajat telah membuat surat permohonan melalui kuasa hukumnya, Tegar Firmansyah, untuk ditujukan ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI Jakarta. Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Jawa Timur, pada 4 November 2021.

Kemudian, jenazah Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah dimakamkan berdampingan di Taman Makam Malaka, Jakarta Selatan. Namun, ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat kini berencana memindahkan makam Vanessa Angel supaya satu liang lahat dengan almarhumah ibu kandungnya, Lucy Maywati di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Di sisi lain, mertua Vanessa Angel, Faisal keberatan apabila makam menantunya dipindahkan.

Ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat sudah mengurus segala macam perizinan untuk memindahkan makam anaknya. Melalui kuasa hukumnya, Djamaluddin Koedoeboen, makam Vanessa Angel akan segera dipindahkan dalam waktu dekat. Dikatakan Djamaluddin, makam ibunda Gala Sky Andriansyah ini akan dipindahkan setelah peringatan 100 hari.

Hal itu disampaikan dalam kanal YouTube Intens Investigasi yang tayang pada Jumat (4/2/2022). "Rencana seperti itu, mungkin setelah 100 hari, pokoknya secepatnya lah," ujar Djamaluddin. Sementara itu, Doddy Sudrajat sudah memikirkan waktu yang tepat untuk pemindahan makam Vanessa.

Doddy dan kuasa hukumnya itu tak ingin ada hujatan yang dilontarkan dengan adanya pemindahan makam Vanessa. "Dilihat waktu yang tepat, yang baik, sehingga jangan ada bully bully," ujar Djamaluddin. Kemudian, ia juga mengungkapkan soal perizinan pemindahan makam Vanessa.

Dikatakannya, soal administrasi dan surat perizinan sudah diurus oleh Doddy. Makam istri mendiang Bibi Andriansyah itu hanya tinggal dipindahkan saja. "Semua kan udah, segala sesuatu yang berkaitan administrasi, perizinan kan udah, udah semuanya tinggal pindahin aja," ujar Djamaluddin.

Rencananya, makam Vanessa Angel akan dipindahkan di TPU Karet Bivak, kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. "Karet Bivak ya," ujar Djamaluddin. Di sisi lain, Djamaluddin mengungkapkan alasan pemindahan makam Vanessa.

Menurut penuturannya, pemindahan makam Vanessa ini bukan tanpa alasan. Melainkan karena pesan dari mendiang Vanessa Angel sebelum meninggal dunia. Vanessa sempat menuturkan ingin berada dalam makam yang sama dengan ibu kandungnya yang sudah lama meninggal dunia.

"Ini bukan soal bersikeras, bukan soal Pak Doddy juga, ini soal keluarga besar dan soal pesan dari almarhumah, beliau ingin satu makam dengan ibunya," ujar Djamaluddin. Djamaluddin menyebut pesan tersebut merupakan wasiat dari Vanessa Angel. Wasiat tersebut harus dilaksanakan.

"Itu kan pesan, wasiat itu harus dilaksanakan," ujar Djamaluddin. Lanjut lagi, soal pemindahan makam ini, Doddy Sudrajat sudah melakukan rundingan dengan keluarga besarnya. "Keluarga besar sudah merembuk hal ini, dan sudah memutuskan seperti itu," ujar Djamaluddin.

Selain itu, untuk soal rundingan dengan keluarga Bibi Andriansyah, Djamaluddin belum mengetahui hal itu. Sebelumnya, Doddy Sudrajat dan Djamaluddin sempat mengunjungi kediaman ayah Bibi beberapa waktu yang lalu. Namun, dalam pertemuan itu, Doddy belum sempat membicarakan soal pemindahan makam ini kepada besannya.

"Saya kurang tau soal ini, tapi kan kita datang ke sana aja kan belum sempat ngobrol banyak ya," ujar Djamaluddin. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.